Thursday, October 30, 2014

PARTIKEL PENYUSUN ATOM


Partikel Penyusun Atom. Atom adalah unit dasar dan bahan bangunan dari suatu unsur. Atom memulai reaksi dan proses kehidupan yang penting yang terjadi di sekitar kita. Atom adalah unit dasar dari setiap substansi yang menempati ruang dan memiliki massa dan volume yang pasti. Sebuah atom terdiri dari tiga partikel utama sub-atom yaitu proton, elektron dan neutron. Elektron membentuk awan di sekitar inti dan terikat ke inti oleh kekuatan elektromagnetik. Di tengah-tengah atom adalah inti yang mengandung proton dan neutron, secara kolektif disebut nukleon. Nukleon terdiri dari partikel yang disebut quark yang diselenggarakan bersama oleh kekuatan yang kuat yang ditengahi oleh gluon. Sebuah atom tidak memiliki struktur dan batas yang pasti. Di sini, kita akan mencoba untuk mengambil secara singkat melihat setiap partikel dan memahami perannya dalam atom. Perhatikan Model Atom Bohr berikut: 
 
Model Atom Bohr
Model Atom Bohr

Pertikel Penyusun Atom: Elektron

Ditemukan oleh JJThomson pada tahun 1897, sebuah elektron adalah partikel subatomik yang paling ringan yang terikat ke inti dengan gaya tarik-menarik antara elektron negatif dan proton bermuatan positif. Sebagian besar atom adalah ruang kosong di mana elektron mengorbit di sekitar inti dan mencoba untuk mencapai keadaan stabil. Elektron memainkan peran penting dalam banyak fenomena fisik seperti listrik, magnet dan konduktivitas termal.

Pertikel Penyusun Atom: Neutron

Neutron tidak memiliki muatan atau netral dan pada tahun 1932, seorang ahli fisika Inggris James Chadwick menemukan bahwa itu terletak pada inti. Neutron lebih lanjut terdiri dari partikel fundamental yang disebut quark. Hal ini terdiri dari 1 ke atas dan 2 quark ke bawah. Quark membawa nilai pecahan muatan dan karenanya menentukan muatan partikel.
1 quark atas = muatan ⅔ e dan quark bawah = muatan – ⅓ e.
Oleh karena itu muatan neutron = ⅔ + (- ⅓ – ⅓) = 0.
Dengan demikian, neutron tidak memiliki muatan.

Pertikel Penyusun Atom: Proton

Jumlah proton yang hadir dalam inti atom dikenal sebagai nomor atom unsur. Massa atom terkonsentrasi di inti yang terdiri dari proton dan neutron. Massa proton dan neutron hampir sama, namun itu adalah 1.836 kali lebih berat daripada elektron. Muatan positif antara proton menyebabkan mereka saling tolak. Sebuah gaya nuklir kuat memegang proton bersama-sama. Gaya ini diberikan oleh kehadiran quark down 2 dan 1 dalam proton.
Muatan pada proton = 2 (⅔) + (- ⅓) = 1.
Dengan demikian, proton memperoleh muatan positif.

Fakta Atom yang Menakjubkan

Sebuah atom hadir dalam semua tiga kondisi materi yaitu padat, cair dan gas. Karakteristik, sifat dan reaksi yang terjadi di alam semua karena sikecil ini yaitu partikel yang tak terlihat. Berbagi dan bertukar elektron berlangsung untuk membentuk senyawa baru. Beberapa karakteristik yang unik dan fakta menarik dari sebuah atom dibahas di bawah ini.
Sejumlah besar energi dilepaskan ketika atom dipecah, yang dikenal sebagai fisi nuklir, dan karakteristik ini digunakan dalam bom atom dan reaktor nuklir. 13% dari listrik dunia dihasilkan oleh pembangkit listrik tenaga nuklir.
Demikian juga, kombinasi atau fusi sekitar dua atom, disebut fusi nuklir, juga menghasilkan sejumlah besar energi. Proses fusi nuklir terjadi pada bintang-bintang, termasuk Matahari, dimana energi yang dilepaskan adalah tiga sampai empat kali lebih besar dari fisi nuklir.
Fakta yang menarik adalah bahwa atom dapat dibuat atau disintesis di laboratorium.
Unsur-unsur dengan nomor atom di atas 92 bersifat radioaktif dan buatan manusia tetapi mereka sangat tidak stabil dan berakhir di antara beberapa milidetik atau beberapa detik, sekalipun beberapa yang lain dapat bertahan lebih lama.
Nomor atom Tertinggi 118 milik unsur Ununoctium. Ini adalah buatan manusia dan bersifat radioaktif. Unsur terberat alami adalah uranium dengan nomor atom 92.
Jika atom muatan positif atau negatif yang terjadi karena memberi dan menerima elektron, maka menjadi ion. Misalnya, ion hidrogen memiliki muatan positif dan tidak ada elektron yang hadir di dalamnya. ion Klorin memiliki muatan negatif akibat adanya elektron ekstra.
Jumlah neutron mungkin atau mungkin tidak akan sama dengan jumlah proton. Jika jumlah neutron lebih itu menimbulkan sebuah isotop dari unsur yang sama dan jumlah neutron menentukan stabilitas dan sifat isotop dari unsur. Sebagai contoh, Hidrogen adalah unsur pertama dan berisi 1 proton, elektron dan tidak ada 1 neutron. Deuterium adalah isotop nya yang berisi 1 neutron dan Tritium yang berisi 2 neutron.
Studi tentang struktur atom menyebabkan banyak penemuan dan penemuan. Ini revolusi ilmu pengetahuan dan menemukan banyak aplikasi menarik di semua cabang, mulai dari bidang kedokteran untuk interaksi manusia ke ruang angkasa dan astronomi. Hari ini, meskipun kita tahu bahwa atom yang dibagi menjadi partikel sub-atom, namun mereka merupakan bagian yang tidak terpisahkan dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita.

Kosa Kata

  • atom: partikel yang paling sederhana dan terkecil dari materi yang masih memiliki sifat kimia unsur.
  • nomor atom: Jumlah proton dalam atom.
  • sel: Unit dasar struktur dan fungsi organisme hidup; unit dasar kehidupan.
  • reaksi kimia: Proses yang memecah atau membentuk ikatan antara atom dan molekul senyawa.
  • senyawa: Kombinasi dari dua atau lebih unsur.
  • elektron: partikel bermuatan negatif yang membantu membentuk atom.
  • unsur: Zat yang tidak dapat dipecah menjadi senyawa yang lebih sederhana.
  • ion: atom bermuatan; atom yang telah diperoleh atau kehilangan satu atau lebih elektron.
  • materi: Apa pun yang memiliki massa dan menempati ruang.
  • molekul: Kombinasi dari dua atau lebih atom.
  • neutron: partikel bermuatan yang membantu membentuk atom.
  • tabel periodik: Bagan yang mengatur unsur sesuai dengan karakteristik unik mereka.
  • produk: Hasil Akhir reaksi kimia.
  • proton: partikel bermuatan positif yang membantu membentuk atom.
  • reaktan: Molekul yang datang bersama-sama untuk memulai reaksi kimia.

No comments:

Post a Comment