Thursday, October 30, 2014

PEMISAHAN DENGAN CORONG PISAH


Corong pisah, alat yang sering kita lihat atau gunakan di laboratorium ini, merupakan peralatan laboratorium yang fungsinya untuk memisahkan dua cairan yang tidak bercampur karena kepolarannya yang berbeda(yang belum paham tentang kepolaran, bisa lihat disini). Corong pisah ini biasa juga di gunakan untuk melakukan pemisahan ekstraksi. Pemisahan dengan corong pisah hanya bisa digunakan untuk pemisahan cair dengan cair.
Apa Hubungan Corong Pisah dengan Ekstraksi? pada artikel pemisahan campuran , telah sedikit di singgung mengenai ekstraksi. Yaitu


Pemisahan campuran dengan metode ekstraksi terjadi atas dasar perbedaan kelarutan zat terlarut di dalam pelarut yang berbeda. Ekstraksi sering dilakukan untuk mengambil sari dari suatu tumbuhan.
Jadi biasanya 2 cairan dalam corong pisah ini, berisi cairan yang ingin di ekstrak dan cairan yang di pakai untuk mengekstrak. Untuk melakukannya dilakukan pengocokkan corong pisah, dan sekali kali buka kerannya untuk mengeluarkan gas yang mungkin terbentuk saat pengocokan.
PERHATIAN: Saat membuka corongnya, perhatikan bahwa posisi cairan jangan berapa pada mulut tabung, serta jangan arahkan gas yang keluar kepada manusia. karena berbahaya
Ada 2 macam corong pisah.
1. Corong Pisah berbentuk silinder
Corong pisah silinder
2. Corong Pisah Berbentuk Buah Pear
corong pisah
Dilihat dari bentuknya, biasa yang model silinder ini digunakan pada titrasi , Nah yang bentuk kedua inilah yang umumnya digunakan dalam proses ekstraksi.
Terdapat mulut corong, keran, dan bagian atas corong. Untuk penggunaannya yang tepat dapat dilhat pada gambar dibawah.
cara ekstraksi

No comments:

Post a Comment